Pages

DAUN PEPAYA dan KEGUNAANNYA

 

Shobat Ragam Info, Kita mungkin sudah bahwa pepaya mengandung getah yang mengandung PAPAIN. Papain  adalah enzima pemecah protein ( Enzima Proteolitik )
yang terdapat dalam getah pepaya. Kandungannya dapat mencapai 50% dari berat kering getah. Seluruh bagian tanaman kecuali biji dan akar mengandung enzima ini. Buah pepaya adalah penghasil getah paling banyak, hal ini banyak terdapat pada saluran - saluran getah kulit luar buah atau dikenal dengan lapisan mesocarp. Manfaat getah pepaya banyak digunakan di KULINER sebagai pelunak daging, hal ini dilakukan dengan cara membungkus atau membaluti daging tersebut untuk beberapa saat dengan daun-daun pepaya yang telah dicacah. baru setelah itu dimasak dan  daging yang telah terbungkus oleh daun pepaya akan lunak (hal ini bisa dilakukan sebagai pengganti alat presto ) di jaman yang serba instan seperti sekarang ini papain bisa kita beli pasar -pasar, biasanya papain yang dijual dibungkus dalam kantong-kantong plastik cukukp untuk 5 kg dagimg. pemakaiannya di dapurpun sangat sederhana. yaitu ;
  1. Daging pertama - tama kita tusuk-tusuk dengan menggunakan garpu makan. tujuan dari penusukan garpu tersebut agar papain masuk dan meresap ke dalam daging.
  2. Setelah itu kita taburi dengan tepung papain.
  3.  baru dimasak, atau bisa kita gunakan cara lain yaitu :merendam daging dalam larutan papain. baru dimasak. 
tetapi perlu kita perhatikan dalam memasukkan papain jangan sampai terlampau banyak hal ini  akan menyebabkan tekstur daging akan berubah sehingga kualitas daging akan rendah. Penggunaan Papain pada daging akan menambah rasa nikmat dan empuk, karena mudah di kunyah, dipotong dan di gigit. sehingga betul-betul bisa dinikmati oleh rongga mulut.






 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive