Pages

SERAT OPTIK


Dijaman sekarang ini kabel serat optik sering kita lihat pada jaringan kabel komunikasi, tetapi tahukah anda APA ITU TENTANG SERAT OPTIK ?
Serat optik dibuat dari helaian kaca yang runcing, dimana cahaya dapat melaju di sepanjangnya. Laju cahaya lebih cepat daripada laju listrik karena alasan inilah cahaya digunakan pada kabel - kabel optik untuk melangsungkan komunikasi untuk jarak yang sangat jauh tanpa bantuan listrik. Cahaya melaju disepanjang serat - serat kaca yang sangat kecil, biasanya dikemas dalam buntelan yang sangat besar yang mampu membawa membawa ribuan pesan pada saat yang bersamaan.
Ketika anda berbicara di telepon suara anda dirubah menjadi sinyal - sinyal laser yang halus dan dikirimkan melalui pipa - pipa serat kaca yang sangat kecil yang disebut serat optik sampai dengan 150.000 percakapan yang berbeda dapat dikirimkan hanya melalui salah satu dari serat - serat optik tersebut. 
Serat optik juga digunakan untuk lampu - lampu hias. Cahaya memantulkan ribuan serat kaca kecil seperti dapat kita lihat pada lampu - lampu hias pada hari - hari besar seperti HUT RI.
Komunikasi yang kita lakukan pada masa sekarang ini tidak lepas dari peran satelit - satelit. Pesan radio, telepon dan televisi ditransmisikan ke seluruh penjuru dunia dengan kecepatan yang luar biasa. Satelit -satelit tersebut mengorbit kepada bumi sehingga mereka akan tetap berada pada posisi yang sama setiap waktu. hal ini dimungkinkan untuk terjadi karena kecepatan orbit sebuah satelit disamakan dengan kecepatan rotasi bumi. Hal ini biasa disebut dengan GEO - STASIONER



Sumber, Armandelta, Prof. Dr. Wahyudin, M.Pd
 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive