Pages

JENIS KANDANG ITIK

Bicara jenis kandang itik ini tentu tidak terlepas dari pemilihan lokasi silahkan klik tetapi di dalam jenis kandang itik ini shobat ragam info bisa mengenal beragam info mengenai jenis kandang yang paling praktis diantaranya
  1. Kandang  Boks Untuk Anak Itik.






    Untuk anak itik yang berumur 0 hari ( Day Old Duck atau DOD ) sampai 3 minggu bisa  ditempatkan dalam kandang boks. kita bisa menggunakan kardus atau papan atau bisa menggunakan bahan yang terbuat dari bambu atau papan. sedangkan untuk lantai kandang dapat dibuat dari kawat kasa ( ram ayam ) atau ayaman bambu dengan jarak anyaman 1 - 1,15 cm, dengan jarak lebar diperkirakan keadaan kandang menjadi bersih karena kotoran itik bisa langsung ke bawah tanpa membuat kaki anak itik terperosok. dengan luasan 1 meter persegi kandang boks ini dapat menampung 50 ekor anak iti (DOD). kandang anak itik ini pun perlu dilengkapi dengan tempat pakan. pembersihan pakan biasanya dilakukan dengan cara ditebarkan sedikit demi sedikit, langsung diatas kerumunan anak itik. karena lantai kandang tidak rapat alais berlubang maka untuk mencegah jatuhnya makanan ke bawah lanatai sebaiknya lanatai dilapisi dengan karung atau kain bekas. setelah selesai makan, alas bisa diangkat kembali sehingga keadaan kandang menjadi tetap bersih dan sehat tanpa adanya sisa makanan yang berserakan.
  2. Kandang untuk Itik Dara dan Dewasa. itik kandang dan itik dewasa dapat dipelihara dalam  kandang seperti dibawah ini ;.
  • Kandang Battery. Kandng ini bentuknya sama persis dengan kandang ayam petelur,  yakni dibuat petakan-petakan kandang kecil yang disusun berderet. setiap petak kandang hanya diisi satu ekor itik. kandang ini dapat terbuat dari bambu atau kawat dengan ukuran panjang 45cm, lebar 35 cm dan tinggi 60 cm. Adapun lantainya dibuat agak miring agar telur yang dihasilkan dapat mengelinding keluar. kandang bentuk ini perlu dilengkapi pula dengan tempat makan, tempat minumdan laci kotoran. untuk menjaga kebersihan kandang sebaiknya temnpat makanan dan tempat minuman diletakkan pada arah berlawanan, misalnya tempat pakan di bagian depan dan tempat minum di bagian belakang. Kandang bettery akan sangat membantu sekali saat dilakukan selelsi bibit.
  • Kandang Kloni Sistem Potstal. yang dimaksud dengan kandang ini adalah kandang yang seluruh ruangannya di naungi atap kandang ini hampir sama dengan kandang koloni battery yang mana pada kandang ini bisa di tempati oleh beberapa itik sekaligus.  dan dengan sistem kandang ini seluruh kegiatan itik mulai dari makan minum bertelur, istirahat sampai dengan tidur malam di lakukan di dalam kandang. jadi istilah awamnya itik - itik tersebut tidak dikeluarkan dari dalam kandang sepanjang hari. 


  • Kandang Koloni Sistem Ren. Jenis kandang ini dianggap yang paling praktis diantara jenis kandang yang lain.hal ini dikarenakan kandang ini memiliki dua ruangan kandang yang berfungsi berbeda. ruangan pertama difungsikan untuk itik tidur, bertelur, sedangkan ruangan kedua untuk makan, minum dan bermain di siang hari. ruangan pertama dinaungi atap agar itik tidak               kepanasan maupun kehujanan. adapun ruangan kedua dibiarkan terbuka dan hanya dibatasi pagar keliling. ruangan kedua ini dikenal dengan kandang umbaran. atara ruang pertama dan kedua perlu diberi batas pemisah . kandang ini sangat cocok bagi penempatan itik dewasa atau itik dara yang dipelihara tanpa air. kandang ini dapat disekat  sekat untuk menggolongkan itik kedalam beberapa kelompok sesuai dengan umurnya. satu kelompok biasanya terdiri dari 60 - 100 ekor yang sama umurnya. lantai kandang yang beratap perlu di beri alas karena digunakan untuk tidur dan bertelur, untuk bahan alasnya bisa dipilih dari bahan yang tidak mudah memadat, kering atau agak lembab, hangat dan dapat mencegah telur tidak mudah pecahserta kebersihannya terjamin. sebagai contoh bahan dari sekam, jeramim, atau campuran pasir kering,sekam padi dan kapur tohor dengan perbandingan 2:3:1. bahan alas tersebut ditaburkan diatas lantai kandang setebal 10 - 15 cm. Dalam kandang beratap, disarankan untuk menyediakan sarang tempat untuk bertelur sejak itik dara memasuki kandang itik dewasa. dengan adanya sarang diharapkan itik menjadi terkondisikan bertelur di tempatnya. kelebihan kandang tren ini. mudh dibersihkan juga dapat membuat badan itik cukup kuat karena bisa berjalan - jalan dan terkena sinar matahari disamping itu ada beberapa kelemahan misalnya pada saat musim hujan itik perlu digiring ke bagian dalam kandang yang beratap. kelemahan ini bisa di siasati dengan memberikan naungan atap pada sebagian dari kandang yang terbuka. dengan demikian, kalau hujan turun, itik yang tidak mau kehujanan dapat berteduh sendiri di bawah naungan itu. 
satu hal lagi yang perlu diperhatikan kebiasaan itik yang suka makan sambil minum dan menciprat-cipratkan air. Untuk menjaga agar pakan tidak terkena air, hendaknya tempat makan dan air dipisahkan atau diletakkan berseberangan. selain itu, lubang tempat minum harus dibuat pas selebar kepala itik agar itik hanya bisa minum saja tanpa dapat memasukkan kaki dan tubuhya ke dalam tempat tersebut. 





Sumber : Penebar Swadaya, ed. Revisi Ir.mSandhy Sakti W










 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive