Pages

ARTHRITIS - REUMATIK

Nama Penyakit ini mungkin asing bagi pendengaran orang awan tetapi, sebenarnya kita sudah mengenalnya dan mengganggap bahwa penyakit ini adalah penyakit orang dewasa. ARTHRITS atau lebih dikenal
di Indonesia dengan REUMATIK adalah penyakit yang biasanya menyerang orang dewasa, tetapi ada kalanya juga menyerang usia dini dibawah 16 tahun. 
Kita mungkin bertanya apa sich penyebab penyakit ini...OK permbaca setia berita guna  saya akan mencoba berbagi informasi yang kami kutip dari tabloid Info Askes edisi bulan MARET 2011 tentang penyakit arthritis atau reumatik ini, secara mendasar persendian adalah titik dimana tulang bertemu dan saling bergerak. kedua bagian tulang ini dihubungkan dengan sebuah ligamen. Ligamen ini mirip pita-pita elastis dan sementara ligamen menahan posisi tulang, otot melakukan relaksasi atau berkontraksi untuk menggerakkan persendian. 
Tulang rawan menutupi permukaan tulang untuk mencegah tulang saling bergesekan langsung.Tulang rawan juga berfungsi untuk memuluskna kerja persendian. sebuah " kapsul menyelubungi persendian. ruang antara sendi -rongga sendi- berisi cairan synovial. Cairan ini memelihara sendi dan tulang rawan. Cairan ini dihasilkan oleh Synovium ( membran synovial ).
Bila anda menderita arthritis berarti ada kesalahan pada persendian Anda. Apa yang salah bergantung kepada jenis arthritis yang anda alami. Mungkin Hal itu disebabkan oleh ausnya  Tulang rawan, kekurangan cairan, otoimunitas, infeksi atau gabungan dari berbagai faktor.
pembaca berita guna yang budiman....
kita perlu tahu JENIS JENIS ARTHRITIS, terdapat lebih dari 1000 jenis arthritis tetapi disini saya hanya akan menyajikan beberapa jenis ARTHRITIS saja......( biar pembaca tidak lupa menghafalnya ) diantaranya adalah ;
  1. Osteoarthritis ( Tulang rawan kehilangan elastisitas ) ; bila tulang rawan menjadi kaku, sangat mudah rusak. kerusakan ini diikuti oleh rentangan tendon dan ligamen sehingga menimbulkan rasa sakit. Akhirnya tulang saling bergesekan dan menimbulkan nyeri luar biasa.
  2. Rheumatoid Arthritis - Membran Synovial ; diserang berakibat pembengkakan dan nyeri. Jenis ini lebih umum ditemui pada wanita dan biasanya menyerang pada usia 40 dan 60. Namun anak-anak dan orang dewasa juga dapat terkena jenis ini.
  3. Infectious Arthritis (Septic Atrhritis ) ; sebuah infeksi pada cairan synovial dan jaringan pada sendi. Umumnya disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus. Infeksi ini dapat menyebar melalui aliran darah dan melalui persendian.
  4. Juvenile Rheumatoid Arthritis (JRA) ; artinya adalah jenis arthritis yang menyerang korban berusia 16 tahun atau kurang. terdapat tiga type utama : 
a. Pauciarticular JRA, Paling umum dan paling ringan. Anak mengalami nyeri pada 4 persendian.
b. Polyarticular JRA, menyerang lebih banyak lagi persendian dan lebih berat, seiring waktu dapat bertambah parah.
c. Systematic JRA, adalah yang paling jarang, rasa nyeri terasa di banyak persendian dan dapat menyebar ke organ tubuh. Ini adalah tipe JRA yang paling serius.
 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive