Pages

TERNAK ITIK TANPA AIR


 
Dalam kehidupan kita mungkin sudah biasa jika melihat orang beternak itik dengan menggunakan air,
itu akan dialami oleh masyarakat atau peternak yang biasanya dekat dengan lokasi air seperti sungai rawa atau daerah persawahan yang banyak airnya. tetapi anda yang jauh dari lokasi air tidak usah kuatir karena pada saat ini beternak itik tanpa airpun juga bisa asal kita memperhatikan beberapa hal diantaranya:
  1. Kita harus pandai memilih lokasi atau tempat dimana kandang itik akan di ternak. Lokasi dan lingkungan harus kita perhatikan dulu, memang itik bisa bertahan hidup dalam kondisi lokasi apapun, apakah daerahnya panas, dingin, berbatu, atau tempat lainnya tapi INGAT lokasi atau lingkungan tersebut tidak gaduh, misalnya lokasi itik jangan sampai dekat dengan lokasi latihan tembak TNI atau polisi, atau hindari lokasi pemeliharaan itik dari tempat keramaian orang hal ini dikarenakan bisa mengganggu pada saat proses bertelur sebab itik salah satu unggas yang gampang atau mudah stress. oleh karena itu jika anda memang berniat memelihara atau beternak itik di usahakan pilihlah lokasi yang jauh dari keramaian atau kegaduhan dan lalu lalang baik kendaraan ataupun manusia, selain itu juga pilihlah tempat atau lokasi memelihara yang jauh dari pemukiman penduduk hal ini dikarenakan biasanya ternak itik mengandung bau dan debu. dimana debu bisa penyebabkan penyakit bagi yang alergi debu.
  2. Bagaimana kandang itik itu didirikan atau bahan apa saja yang dibutuhkan ketika mendirikan kandang. dalam hal pembuatan kandang ini khususnya kandang intensif sebaiknya kita menggunakan bahan semurah mungkin, kuat tahan lama dan penuh daya guna. alangkah baiknya apabila bahan dalam membuat kandang itik kita gunakan bahan bekas di sekitar rumah kita. biasanya sering kita temui dalam kehidupan sehari kandang itik menggunakan bambu hal ini bahan bambu selain mudah di dapat juga efisien dari segi biaya, selain itu juga lantai kandang bisa kita gunakan batu - batu, sekamm, bekas gergaji ( serbuk gergaji), jerami atau bahan lainnya.
  3. selain itu juga yang tak kalah pentingnya dalam memelihara atau beternak itik adalah tempat pakan dan minum yang bisa  kita buat dari bahan bekas atau bisa kita beli di toko perlengkapan unggas dan  jika bisa dibuatkan kolam kecil yang disemen  hal ini untuk mempermudah ketika di bersihkan agar supaya bisa menghasilkan telur tetas yang baik

 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive