Pages

KHASIAT KUNYIT (Curcumae Domesticae Rhizoma)



Kunyit tentunya tidak asing lagi di telinga kita terutama bagi kaum ibu-ibu yang selalu senang memasak  dan tentunya bagi sebagian  orang kunyit biasanya juga ditanam sebagai tanaman obat atau kita kenal dengan istilah TOGA (Tanaman Obat KeluarGA).  Tetapi  khasiat dari kunyit bagi kesehatan kita
, oke biar tidak terlalu jenuh anda dalam membacanya, kita langsung aja ke artikel saya yang saya dapat dari majalah trubus edisi 518,
Kunyit atau istilah latinnya Curcumae Domesticae Rhizoma yang tergolong dalam kelompok jahe-jahean merupakan salah satu obat herbal yang bisa mengatasi penyakit SIDROM IRITASI USUS biasanya ketika orang merasakan perut perih, mual langsung divonis dengan penyakit maag, tetapi sebenarnya sidrom iritasi usus kasusnya hampir sama dengan penyakit maag hal ini dikarenakan adanya kemiripan gejala di awal sakit. Di dunia kedokteran Sindrom Iritasi Usus merupakan gejala yang terjadi akibat gangguan fungsional saluran pencernaan, tetapi belum terjani kelainan organ saluran pencernaan.
Gejala klinis dari sindron ini antara lain :
kram perut, sembelit, atau diare beberapa hari, perut kembung,dan mulas.
Penyebab dari penyakit sindrom iritasi usus ini belum diketahui secara pasti faktor penyebabnya, tetapi perlu kita ketahui bahwa iritasi usus ini biasanya identik dengan gangguan fungsi usus, pola makan, gangguan sistem saraf usus. Bagi penderita penyakit ini biasanya makanan pedas, kopi dan makanan yang mengandung lemak akan memicu terangsangnya lambung sehingga bisa menyebabkan penyakit ini kambuh kembali. Sebagian penderita penyakit ini biasanya akan lebih nyaman ketika telah buang air besar, perubahan frekuensi buang air besar serta perubahan bentuk fases menjadi lembek.
Untuk mengatasi penyakit tersebut RIMPANG KUNYIT mempunyai  peranan penting sebagai salah satu obat herbal yang mempunyai kandungan KURKUMIN, kunyit sebagai salah satu kerabat JAHE itu dipercaya memiliki aktivitas antiinflamasi dan anti mikroba yang berperan memperbaiki gangguan pencernaan. Kunyit dapat menghambat ekspresi siklooksigenase 2 dan sintetase oksida nitrat, keduanya yang memediasi terjadinya peradangan. Kunyit dipercaya oleh sebagian para ahli memiliki sifat anti radang dan anti bakteri . Kunyit sangat ampuh untuk mengurangi infeksi. Salah seorang peneliti dari fakultas kedokteran hewan IPB membuktikan keefektivan kunyit dalam penyembuhan luka. Kunyit memliki senyawa aktif diantaranya ; KURKUMIN, TURMERONE, ZINGIBERENE, FELLANDRENE, SESKUITERPENE, dan TANIN selain itu juga dalam uji FITOKIMIA kunyit memiliki senyawa ALKALOID, KUINON, dan SAPONIN yang bisa menyembuhkan luka. Rimpang kunyit sangat beragam khasiatnya diantaranyajuga sebagai pengobat atau meningkatkan nafsu makan,melancarkan sirkulasi darah, mengobati peradangan, juga sebagai antibiotic dan antiinflamasi. Konsumsi kunyit bisa kita lakukan dengan tunggal atau kombinasi. Bagi penderita MAAG, biasanya cara mengobati penyakit maag adalah  dengan memakai 2 rimpang kunyit seukuran ibu jari, temulawak ( CURCUMA ZANTHORRIZA) seukuran ibu jari, dan dua batang sambiloto (ANDROGRAPHIS PANICULATA) sepanjang 30 cm. dan untuk mengolahnya rebus ramuan dalam 1 liter air hingga mendidih, setelah dingin, minum 200cc hasil rebusan 3 kali sehari.  Tetapi bagi penderita darah rendah HARAP BERHATi – HATI penggunaan sambiloto karena berpotensi atau berefek hipotensi.
Demikian sekilas khasiat kunyit semoga bermanfaat….
 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive