Pages

SIFAT TANAMAN MELON



ok, shob bagi anda yang ingin menanam buah melon alangkah baiknya shobat memperhatikan terlebih dahulu Sifat dan ciri tanaman melon, hal ini bisa kita lihat berdasarkan ; jenis tanaman, batang, daun,akar,dan bunga, buah dari:
1.       Berdasarkan Tanaman.
Tanaman melon (cucumis melo L) nirip dengan tanaman mentimun ( cucumis sativus L) dan merupakan tanaman semusim yang menjalar ke tanah atau dirambatkan pada lanjaran / turus bambu. Tanaman ini mempunyai banyak cabang, kira-kira 15-20. Tanaman melon sangat berdaptasi dengan baik pada tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organic. Namun melon masih dapat tumbuh juga pada tanah pasir atau tanah liat. Dan tanah yang digunakan sebaiknya bersifat netral, sedikit asam, atau sedikit basa. Sinar matahari yang banyak, baik intensitas maupun lama penyinaran sangat menguntungkan untuk pembentukan kandungan gula yang tinggi serta rasa lezat. Selain itu, banyaknya sinar matahari dapat mengurangi beberapa pathogen yang tersebar dalam udara lembab.






2.       Berdasarkan Batang.
Batang tanaman berbentuk segi lima tumpul, tumbuh menjalar, berbulu, bercabang-cabang. Panjangnya dapat mencapai 1,5 – 3 meter.
3.       Berdasarkan Daun.
Bentuk melon daunnya seperti ketimun, tetapi sudutnya tidak setajam daun ketimun. Daun melon berbentuk hamper bundar, bersudut lima, mempunyai 3-7 lekukan, bergaris tengah 8 – 15 cm. susunan daun berselang seling sederhana. Tanaman ini mempunyai sulur yang terdapat pada ketiak daun.




4.       Berdasarkan Akar.
Akar tanaman melon menyebar, tetapi dangkal. Akar-akar cabang dan rambut – rambut akar banyak terdapat di permukaan tanah, semakin ke dalam akar – akar tersebut semakin berkurang. Tanaman melon membentuk ujung akar yang menembus ke dalam tanah sedalam 45 – 90 cm. akar horizontal cepat berkembang di dalam tanah, menyebar dengan kedalaman 20 – 30 cm.
5.       Berdasarkan Bunga
Bunga melon berbentuk lonceng, berwarna kuning dan kebanyakan uniseksual-monoesius. Oleh sebab itu dalam penyerbukannya perlu bantuan ornisme lain. Penyerbukan yang biasa terjadi adalah penyerbukan silang dan penyerbukan sendiri jarang sekali terjadi. 
Lebah madu mempunyai peran penting dalam peristiwa penyerbukan. Di beberapa Negara sub tropic manusia berperan penting dalam peristiwa penyerbukan. Kebanyakan varietas yang berasal dari eropa jenis bunganya monoesius, tetapi varietas yang berasal dari amerika jenis bunganya andromonoesius ( bunga hermaprodit dan bunga jantan terdapat dalam satu tanaman ). Bunga jantan terbentuk berkelompok 3 – 5 buah, terdapat pada semua ketiak daun, kecuali ketiak daun yang ditempati bungan betina. Jumlah bunga jantan relatif lebih banyak daripada bunga betina. Bunga jantan memiliki tangkai yang tipis dan panjang, akan rontok dalam 1 – 2 hari setelah mekar.
Bunga betina terbentuk secara soliter ( tunggal) dengan tangkai yang pendek dan tebal. Jika tidak sempat terserbuki, bunga betina akan rontok dalam 2 – 3 hari. Bunga betina terdapat pad ketiak daun ke-1 atau ketiak ke-2 dari berbagai cabang, apabila cabangnya panjang, bunga betina terdapat pula pada ketiak daun setelah daun kedua.
6.       Berdasarkan Buah.
Buah melon bervariasi dalam bentuk, ukuran, rasa, aroma, penampilan dan penampakan, tergantung dari varietas. Buah masak umur 75 -120 hari tergantung varietasnya, iklim, dan jenis tanah. Kematangan buah dan kemasakan benih terjadi bersama-sama. Buah dapat dipanen jika telah terjadi rekahan pada pangkal buah. Khususnya jenis winter – melon seperti honey dew dan casaba tidak terjadi rejahan. Buah yang telah tua dan masak , jika dipukul-pukul perlahan akan menimbulkan bunyi yang nyaring, karena daging buahny sudah banyak mengandung gula, serta rongga didalam buah sudah cukup besar. Biji yang terdapat di dalam buah berjumlah rata-rata 200 – 600 biji perbuah, tergantung dari besar kecilnya ukuran buah. Sebagian buah segar melon mengandung 94 persen air, sedangkan bagian yang dapat dimakan hanya 50 – 75 % dari total buah. Namun demikian buah melon memiliki zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
Berikut kandungan zat gizi tiap 100 gram buah melon dari bagian yang dpat dimakan ( Gillivray, 1961 ).
Jenis Zat Gizi
Jumlah Kandungan
Energi
Protein
Kalsium
Vitamin A
Vitamin C
Thiamin
Ribloflavin
Niacin
Karbohidrat
Besi
Nicotinamida
Air
Serat
23         kalori
0,6        gram
17         miligram
2.400    IU
30         miligram
0,045    miligram
0,065    miligram
1,0        miligram
6,0        gram
0,4        miligram
0,5        miligram
93,0      mililiter
0,4        gram






 sumber ;Kanisius,Yogyakarta, 1987



 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive