Pages

MAKANAN DAN MINUMAN KALENG





Selama ribuan tahun manusia telah berusaha menemukan berbagai cara untuk mengawetkan makanan. Hak paten pertama untuk "tin can atau wadah kaleng " pengawet makanan diberikan di inggris kepada Peter Durand pada tahun 1810. Gagasan ini muncul
setelah dia memperhatikan wadah kemasan teh. Di Amerika pengemasan seperti ini disebut dengan istilah "Tin Can " sedangkan pihak industri menyebutnya canning. Di Inggris pengemasan ini disebut dengan istilah Tinning. 


Barang dengan kemasan kaleng pertama di Amerika serikat adalah ikan kaleng yang dibuat oleh Ezra Dagget di kota New York pada tahun 1819. Setelah Heinz & Company mulai memproduksi kacang masak dalam saus tomat di Richmond, Victoria pada tanggal 1 Oktober 1935.
Proses pengalengan yang sukses diawali dengan pemanasan yang cukup terhadap makanan dan minuman yang akan di kemas, dengan tujuan untuk membunuh organisme-organisme merugikan ( jamur, ragi, bakteri) yang dpat menyebabkan rusaknya makanan segar. selain itu kaleng atau kemasan kaca yang akan digunakan harus pula bebas dari kuman dan tidak boleh tembus dari luar.

Pada tahun 1810, seorang juru masak Perancis yang bernama Nicholas Appert menemukan cara untuk mengawetkan makanan dengan mengemas makanan ke dalam botol - botol bermulut lebar. Dia menutup botol - botol itu dengan rapat lalu memasukkannya ke dalam panci rebus yang telah berisi air panas. selanjutnya panci ditutup sehingga botol akan terebus di dalam air panas mendidih, hal ini juga berlaku atau bisa dipakai pada buah - buahan atau sayur - sayuran.

 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive