Pages

GUNA BATANG DAN DAUN PISANG

Batang dan daun pisang juga tidak kalah banyak manfaatnya di banding dengan umbi batangnya dimana, Guna batang pisang antara lain : 
  • Batang pisang yang dipotong - potong kecil dapat dimakan oleh sapi dan kerbau di musim kemarau atau sebagai "bahan pakan alternatif" bila tidak ada tanah rumpu yang hijau.
  • Air yang diperas dari batang pisang dapat menyembuhkan sakit kencing yang panas dan menawarkan keracunan warangan ( arsenicum ) hal ini disampaikan oleh " RUMPHIUS"di negara Brazil air batang pisang bisa sebagai penawar gigitan ular tertentu, dan air batang pisang "kelutuk" dicampur dengan jelaga dapat dipakai untuk mengecat hitam anyaman bambu.
  • Bagian dalam yang merupakan tangkai bunganya bila dipotong-potong kecil-kecil dapat dicampur dengan bubur untuk makanan babi.
  • Pelepah ( upih ) daunnya dapat dipergunakan untuk bahan pembungkus tembakau atau bila dipotong-potong memanjang dapat dipergunakan untuk tali, hal ini dikarenakan pisang juga mengandung serat yang halus terutama dari pisang kelutuk, menggala dan susu.
Selain Guna  batang,  daun pisang juga mempunyai kegunaan untuk campuran makanan sapi dan kerbau bila di musim kemarau kekurangan rumput. dibeberapa daerah untuk makanan yang tidak bisa dibungkus dengan plastik maka sebagai gantinya di bungkus dengan daun pisang kelutuk.
lain halnya dengan Batang, dan daun, GUNA bunga pisang yang belum membuka ( biasa orang awam menyebutnya dengan jantung pisang ) nikmat dan enak bila disajikan dalam bentuk sayur tetapi jenis jantung pisang atau bunga pisang yang paling enak untuk dijadikan sayur yaitu dari jenis kelutuk. 
 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive