Pages

KALORI

Kalori adalah satuan pengukuran energi panas. Satu kalori adalah banyaknya panas yang diperlukan untuk meningkatkan suhu satu gram air sebesar 1 derajat celcius. Kalori memiliki kaitan dengan makanan, karena makanan yang memberi kita energi diukur besar kandungan energinya dalam satuan kalori. Saat makanan diolah bersama oksigen dalam proses metabolisme di dalam sel - sel tubuh, maka dihasilkanlah kalori atau energi. Dalam pengukuran nilai energi makanan kita menggunakan kilogram kalori atau kalori besar, yang sama dengan seribu kalori.
Tiap jenis makanan, ketika dibakar dalam tubuh, menghasilkan jumlah kalori tertentu. misalkan satu gram protein memberikan empat kalori  sedangkan satu gram lemak memberikan sembilan kalori. Jumlah kalori yang diperlukan tubuh tergantung pada beban kerja dari tubuh itu sendiri.
Tubuh menggunakan energi yang diperlukannya untuk beraktivitas, sedangkan sisanya disimpan untuk digunakan kela. Tubuh dapat menyimpan kalori sekitar sepertiga dari jumlah yang diperlukannya setiap hari, sedangkan sisanya menjadi lemak. Jadi salah satu penyebab kegemukan adalah pola hidup sehari-hari yang tidak menyeimbangkan konsumsi makanan dan aktivitas.






Sumber : Armandelta, Prof.Dr. Wahyudin, M.Pd
 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive