Pages

LILIN

LILIN lima kata yang mungkin bagi kita sudah sering kita pakai ketika perayaan ulang tahun atau lampu mati, tetapi tahukah anda bagaimana lilin itu dibuat atau dihasilkan ? Lilin ternyata berasal dari berbagai buah, sayuran dan tumbuhan - tubuhan lainnya. Liin juga dapat dihasilkan oleh hewan - hewandan ditemukan pula pada mineral - mineral dan minyak tanah. Selain itu lilin juga dapat diproduksi langsung oleh manusia berupa lilin sintesis. 
Lilin Carnauba dihasilkan dari daun - daun pohon palm di Brasil. Lilin coklat jenis ini digunakan untuk tujuan perekaman, pelapisan lantai dan membuat lilin - lilin hias. Lilin bayberry, berasal dari pohon arbei, digunakan pula untuk membuat lilin hias. Lebah - lebah pekerja dapat menghasilkan lilin yang mereka gunakan membuat sarang madu. Lilin sejenis ini digunakan dalam pembuatan kosmetik, semir, krayon,dan bunga -bunga buatan.
didalam sarangnnya lebah - lebah menyimpan persedian madu mereka dalam suatu jaringan lilin. setiap jaringan ini tersusun atas ribuan sel kecil berbentuk segi enam dan biasanya para lebah mengisi sel -sel tersebut dengan madu disepanjang musim dingin. Lilin wol dari bulu - bulu hewan, biasa disebut lanolin, digunakan untuk membuat salep, kosmetik dan sabun.
lebih dari 90 persen lilin yang digunakan sekarang ini adalah lilin yang dihasilkan dari pengolahan minyak tanah. Penggunaannya sangat meluas karena lilin jenis ini tidak berau, tidak terasa dan struktur kimianya tak aktif.







Sumber : Armandelta :Prof. Dr. Wahyudin, M.Pd

 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive