Pages

BAWANG MERAH

 

 Akhir-akhir ini banyak media massa yang memberitakan tentang kenaikan harga bawang terutama bawang merah. Tahukah anda ketika anda mengiris bawang merah anda telah menggiris sejumlah sel dari bawang merah itu.
Beberapa daari sel-sel ini ada yang mengandung enzim-enzim didalamnya.dan ketika sel-selini terkelupas maka enzim-enzim yang dikandungnya terbebas ke udara. Asam amino adalah salah satu bahan yang terbebaskan dari peristiwa tadi lalu asam amino ini merubah secara sendirinya menjadi gas yang sangat mudah menguap. Gas tersebut kemudian terbang ke udara dan mengenai mata kita. dan kemudian gas itupun bereaksi dengan air yang menjaga kelembapan mata. Dalam keadaan demikian, pada matamu selanjutnya terjadi lagi perubahan kimia yang menghasilkan asam sulfur. inilah yang menyebabkan iritasi pada mata kita yang menyebabkan mata kita berair atau seperti orang menangis. Ujung-ujung syaraf dimata kita sangat peka sehingga dapat merasakan iritasi ini, sehingga mata kita selalu pedih ketika mengiris bawang merah. Otak beraksi pada keadaan ini dengan memerintahkan kelenjar air mata supaya menghasilkan lebih banyak air, untuk melarutkan asam penyebab iritasi tadi, sehingga mata pulih kembali secara sendirinya.
reaksi pertamamu saat mata perih dalam keadaan ini adalah menggosoknya tetspi sebenarnyatindakan itu hanya akan menyebabkan iritasi memburuk jika ternyata tanganmu menyentuh bawang merah secara langsung.
tetapi dilain hal yang tadi ternyata bawang merah cukup ampuh untuk menekan penyebaran virus influenza di sekitar kita yaitu dengan cara kita cukup mengirisnya menjadi beberapa bagian dan kita bisa meletakkan di beberapa sudut dalam rumah kita irisan dari bawang merah tadi. hal ini dikarenakan bawang merah cukup efektif dalam menekan atau menyerap virus. Bagi kaum ibu-ibu yang biasanya menyediakan bawang merah dalam bentuk sudah rajangan atau irisan kami sarankan jangan sampai disimpan sebab bawang merah yang sudah dirajang atau diiris lalu kita simpan dalam lemari es berarti sama saj kita menyimpan virus, jadi untuk penggunaan bawang merah yang baik kita iris ketika kita atau pada saat kita membutuhkan.
 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive