Pages

PUPUK BERDASARKAN JENIS HEWAN


Pupuk berdasarkan jenis hewan
a.       Pupuk sapi adalah pupuk jenis pupuk dingin artinya. Perubahan oleh  jasad-jasad renik berlangsung perlahanlahan, jadi kurang terbentuk panas. Zatzat makanan tanaman dilepaskan berangsur-angsur oleh karena itu kerjanya lambat. Hal ini disebabkan oleh :
1.       Pupuk padatnya banyak mengandung air.
2.       Pupuk padatnya banyak mengandung lendir, yang bila kena udara menjadi berkerak, sehingga udara dan air sukar masuk ke dalamnya.
Menurut taksiran , seekor sapi dewasa di Indonesia rata-rata setiap tahunnya menghasilkan 7500 kg. pupuk segar atau 2/3 X 7500kg = 5000 kg. pupuk busuk yang lebih kurang mengandung15 kg. N, 15kg. P2O5 dan 20 kg K2O. bagi seekor kerbau dewasa di Indonesia produksinya rata – rata 10.000 kg pupuk segar = 6500kg, pupuk busuk dengan kandungan lebih kurang 20kg N,20kg P2O5 dan 27 kg K2O.
b.      Pupuk kuda
Pupuk kuda adalah jenis pupuk yang tergolong panas artinya perubahan oleh jasad renik berlangsung dengan cepat dan pada perubahanperubahan ini banyak terbentuk panas. Karena cepatnya perubahan ini maka zat makanan tanaman yang dikandungnya mudah hilang. Jika dicampur dengan pupuk sapi maka peruraian dari pupuk kuda ini akan lenih lambat dan perubahanperubahan dari pupuk sapi dipercepat. Cepatnya peruraian disebabkan oleh susunan kimiawi dan keadaan fisis dari pupuk kuda. Pupuk kuda, khusus pupuk cairnya, terutama banyak mengandung persenyawaan N yang memungkinkan giatnya perkembangan dari bakteribakteri. Kita mungkin telah banyak tahu biasanya di kandang kuda sudah terbentuk atau sudah ada NH3 ditambah jerami sebagai alas kuda semkin menambah cepatnya proses peruraian. Menurut beberapa ahli dari dari hasil penelitian di nyatakan bahwa rata-rata hasil pupuk dari seekor kuda yang beratnya 500 kg adalah  7500 – 10.000 kg pupuk baru setahunnya atau  6.500 – 8.000 kg pupuk yang sudah busuk.
c.       Pupuk biribiri
Pupuk biribiri ini termasuk pupuk yang tergolong panas, Kadar N dari pupuk biribiri ini termasuk berkadar tinggi, hal ini dikarenakan kadar airya lebih redah dari pada pupuk sapi. Oleh sebab itu perubahannya berlangsung cepat seperti pupuk kuda. Biribiri yang beratnya 45 kg dapat menghasilkan  800 – 1100kg pupuk baru setahunnya atau  600 – 900kg pupuk busuk.



 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive