Pages

Kandang Ayam Tanpa Pelataran

Kandang tanpa pelataran disini boleh juga disebut dengan kandang Intensif, karena ternak yang hidup di dalamnya mutlak butuh perhatian dan pemeliharaan secara intensif. Didalam kandang ini selama 24 jam dalam sehari ternak menghabiskan waktunya untuk makan, tumbuh besar dan menghasilkan telur,
tanpa sempat berjalan - jalan di luar kandang lagi. bentuk kandang ini bermacam - macam ada yang berupa sangkar tunggal yang digantung di tempat gantangan (misalnya sangkar ayam bekisar), kandang tunggal berbentuk panggung misalnya kandang ayam pelung ), kotak indukan (untuk memperbesar anak ayam setelah menetas ) sangkar tunggal berkaki, kandang bateray tidak bertingkat serta kandang baterai bertingkat. serta terbuat dari berbagai macam bahan ada yang terbuat dari kawat, bambu, kayu.
semua jenis kandang diatas walaupun berbeda bentuk serta bahanya tetapi ada satu kesamaan yaitu pada alas kandang dimana semua jenis kandang unggas diatas alasnya pada umumnya berlubang hal ini untuk mempermudah kotoran ayam akan langsung jatuh ke tanah atau dasaran.
anak ayam umur 1- 60 hari biasanya dipelihara secara masal,dalam kandang tunggal berbentuk kotak. Ayam dewasa yang sudah menghasilkan telur dipelihara secara tunggal dalam kandang baterai berukuran sempit, per ekor ayam menempati tempat seluas 0,25 - 0,50 meter persegi dan cara pemeliharaannyapun diusahakan seperti pemeliharaan ayam ras petelur, walau ada beberapa modifikasi. Syarat kandang yang baik harus cocok ditempati ayam yang akan tinggal didalamnya, praktis,sehingga peternak mudah melayani ayamnya yang dipelihara didalamnya dan gampang pula membersihkan kotorannya. dengan demikian pemberian makanan dan minuman, pengambilan telur dan pembersihan kotorannya paling tepat dilakukan di bagian luar kandang, oleh karena itu kita bisa mengatur posisinya sebagai berikut :
  • Tempat makanan di taruh dibagian depan kandang, tempat makanan sepanjang 1 m bisa dipakai 8 ekor ayam yang makan secara teratur atau berjajar.
  • Tempat minum ditaruh di bagian luar kandang di bawah tempat makan. Tempat minum sebaiknya dari plastik hal ini dikarenakan harga yang murah dan tidak mudah berkarat serta tidak mudah menimbulkan jamur dan gampang untuk dibersihkan.
  • sebaiknya posisi kandang menghadap ke arah timur atau menyongsong matahari 
  • kandang berdiri di atas tanah  ditopang oleh 4 buah kaki, yang kuat setinggi 0,5 m dari tanah.
Kelebihan dari kandang tanpa pelataran ini adalah kebersihannya terjamin, mutu makanan dan minum terjaga dengan baik, hal ini dikarenakan setiap hari dilakukan pemeriksaan dan perawatan oleh peternak. tetapi Kekurangannya dari sistem kandang ini adalah jika mutu makanan yang diberikan kurang baik maka akan mudah menimbulkan kanibalisme karena ternak kurang bergerak atau makanannya terlalu banyak mengandung lemak.





Sumber : pt. penerbar swadaya

 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive