Pages

Membuat Kandang Ren Untuk Ayam Kampung

Membuat kandang jenis Ren ini untuk ayam 6 ekor ayam betina  yang terdiri dari 5 ekor betina dan 1 ekor pejantan dewasa, diperlukan areal kandang seluas 10m persegi, Kandang dibagi menjadi 2 bagian.
untuk bagian pertama, seluas 2 - 3 meter persegi berupa tempat tertutup ( untuk tempat tidur, beristirahat, dan bertelur ) dan sisanya berupa tempat terbuka untuk lapangan umbaran.

penempatan lokasi untuk kandang ren sebaiknya terpisah agak jauh dari tempat tinggal, dan tempatnya tidak banyak terkena tiupan angin, dan lahan tanah yang mudah meresapkan air, tidak tergenang dan mudah kering jika turun hujan permukaannya datar dan tidak mudah padat. Jika tanahnya liat, bisa dilapisi dengan pasir setebal 5 - 7 cm. Lapisan pasirini terutama untuk bagian kandang yang terbuka, pelataran tempat berkeliaran ayam di luar kandang.
untuk bagian yang tertutup lantainya, lebih tinggi, letaknya dari permukaan tanah disekitarnya Agar tidak lembab, lantainya dilapisi litter berupa campuran pasir, kapur tohor, potongan - potongan jerami kering atau pesak ( kulit gabah ). Pertiga meter persegi lantai kandang diberi 1 ember pasir, 2 gelas kapur, dan 1 karung kulit gabah.
sedangkan untuk lantai yang beralaskan litter tidak perlu setiap hari dibersihkan, hanya perlu di jaga kelembapan dan kepadatannya. Litter jangan sampai terlalu basah atau terlalu kering, dan jangan sampai terlalu padat.
Litter mempunyai berbagai kegunaan bagi ayam. pertama alas itu bisa mengubah secara  bertahap kotoran ayam yang tertampung tiap hari menjadi bahan makanan yang kaya vitamin dan protein. Ulat yang terdapat di dalamnya merupakan makanan ayam untuk mencukupi kebutuhan protein hewani, Secara naluriah ayam menceker - ceker alas litter yang berisi kotorannya itu sehingga akan teraduk setiap hari. kedua alas yang tebal berisi kotoran itu akan menghasilkan uap hangat pada malam hari. sehingga alas litter yang baik akan berfungsi juga sebagai pengatur suhu untuk menghangatkan badan ayam jika malam hari.
Jika memungkinkan membuat kandang tren menghadap ke arah timur sehingga cukup sinar matahari, tetapi jika tidak memungkinkan tidak menghadap ke arah timurpun tidak apa - apa. asalkan menerima giliran sinar matahari. dan fungsi ventilasi untuk pergantian udara berlangsung sempurna.
untuk atap kandang bisa dibuat dari genteng, seng asbes atau bahan baku lainnya asalkan tidak bocor ketika hujan  usahakan letaknya cukup tinggi dari lanatai, sehingga udara dalam kandang selalu dalam keadaan segar dan ketika membersihkan kandang tidak mengalami kesulitan. Atap kandang dibuat miring pemasangannya agar air hujan, lancar mengalir dan tidak masuk dalam kandang.

untuk dinding kandang bisa dibuat dari papan, kayu, bambu dan kawat ram. sepertiga dari luas kandang disediakan untuk jendela dan pintu. kandang harus ada pintu keluar masuknya ayam. dengan demikian suhu udara kandang seimbang dengan suhu udara di luar kandang dan udara segar yang masuk dalam kandang tanpa angin. Karena venrtilasinya baik. udara dalam kandang menjadi tidak lembab dan uap yang timbul dari kotoran ayam cepat hilang tersapu masuknya udara segar.
ruangan dalam kandang dilengkapi dengan kayu tenggeran berdiameter 5 cm dari kayu atau bambu setinggi 40cm dari lantai untuk tempat tidur, petarangan atau sarang tempat bertelur berukuran 35cm x 35cm x 35cm dan diletakkan setinggi 60cm dari lantai. hal ini untuk mencegah agar ayam yang kakinya kotor langsung masuk ke kotak sarang , bisa dipasang kayu tenggeran di depan pintu masuknya.
Pagar yang mengelilingi umbaran bisa dibuat dari kawat ram (ukuran lubang berdiamater 4 - 5 cm berbentuk kotak - kotak miring ) atau bisa juga memakai kayu atau bambu. tinggi pagar sekitar 2,5 meter. Di tempat umbaran di luar kandang disediakan tempat makan dan minum, bak pasir untuk berkirap ( mandi debu ) dan tangkringan bambu untuk tempat bermain ayam. Agar supaya kandang nampak sejuk alangkah baiknya di sekitar kandang di beri tanaman peneduhnya.
tetapi yang penting di sistem kandang ini dengan pelataran terbatas dan terkurung makan dan minum ayam harus diperhatikan. dan sebagian besar kebutuhan makan ayam harus dipenuhi dan dicukupi.




Sumber: Penebar Swadaya
 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive