Pages

Membuat Kandang Ayam Kampung


Dalam membuat kandang ayam kampung tidak jauh berbeda dengan membuat kandang - kandang unggas lainnya, hanya ada beberapa tipa kandang yang agak berbeda,
semua tipe kandang yang kita gunakan sebenarnya baik asalkan kita memperhatikan syarat kesehatan kandang tersebut antara lain :
  1. Tidak terlalu sempit
  2. Cukup dalam mendapatkan sinar matahari.
  3. Dapat melindungi ayam dari terik matahari, hujan, kencangnya angin malam.
  4. Di kandang tersedia alat perlengkapan pokok (tempat minum, tempat makan, tenggeram untuk tidur, sarang untuk bertelur ) bagi kepentingan hidup ayam yang kita pelihara.
Jenis kandang untuk ayam kampung antara lain ;

  • Kandang Berpelataran. maksudnya pemeliharaan ayam yang dilakukan secara ekstensif dan semi-intensif. dimana kandang ayam yang dipelihara secara ekstensif luas pelatarannyatak terbatas. Selain ayam berkeliaran di lingkungan pekarangan rumah, ayam juga bebas berkeliaran di pelosok kebun dan pekarangan orang lain untuk mencari makanan.
  •  Kandang untuk ayam yang dipelihara secara semi - intensif luas pelatarannya terbatas, karena di kurung oleh pagar keliling yang cukup tinggi dan rapat. Di tempat itu ayam masih bebas keluar masuk kandang, tetapi tempat berkeliarannya terbatas di pekarangan sekeliling rumah,atau areal lapangan yang lebih sempit lagi sengaja dipakai untuk tempat berkeliarannya ayam. Ditempat ini ayam masih bisa bergerak kian kemari. mengais - gais tanah untuk mendapatkan makanan biasanya jenis kandang yang kedua ini di kenal dengan kandang ren.






Sumber ; Penebar Swadaya, B. Sarwono
 

Blogger news

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Blogroll

Blog Archive